Pengertian Fotografi Seni Beserta Fungsi dan Proses Penciptaan - ID Layer

Fotografi Seni

Pengertian Fotografi Seni Beserta Fungsi dan Proses Penciptaan - ID Layer

ID Layer – Saat ini banyak sekali kita menemukan berbagai karya fotografi yang tersebar diberbagai media sosial.

Adapun dari teknik yang mereka pakai dalam proes pembuatannya mulai dari karya yang sederhana hingga kompleks  yang disebabkan kerealistisan objek bidikan hingga menyebabkan orang lain terpukau ketika melihatnya.

Dalam fotografi, seni itu bebas yang berarti tidak dibatasi oleh aturan yang mengikat. Yang diperlukan hanya kekuatan imajinasi yang tinggi, hingga mampu mengkreasikan sebuah objek.

Tapi kamu tahu tidak ini semua berhubungan dengan yang namanya fotografi seni, untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan tentang pengertian dari fotografi Seni itu sendiri.

Nih aku jelasin di artikel ini.

Pengertian Fotografi Seni

Fotografi seni adalah sebuah karya foto yang memvisualisasikan objek berdasarkan proses eksplorasi imajinasi tinggi dari kreatornya, hingga terkadang hasil foto keluar dari logika pemahaman realitas peristiwa.

Mungkin bisa disebut fotografi seni ini mirip dengan seni lukis, yang dimana konsep penciptaannya hampir sama yaitu mengikutsertakan gejolak emosi jiwa penciptanya yang dikeluarkan dalam karyanya, hingga menghasilkan sebuah kumpulan goresan warna yang disalurkan menjadi sebuah karya.

Fungsi Fotografi Seni

Fotografi seni ini berfungsi agar sang kreator dapat mengekspresikan imajinasi menjadi sebuah karya foto, sebagai curahan emosi jiwa dalam melihat fenomena alam yang ada di sekitarnya.

Dari pengertian dan fungsi diatas tentu kita dapat menyimpulkan bahwa Fotografi seni berbeda dengan fotografi jurnalistik.

Fotografi jurnalistik memiliki tujuan khusus yaitu menyampaikan informasi suatu peristiwa atau kejadian pada masyarakat melaui tangkapan gambar-gambar menarik lewat media , atau media cetak seperti koran, ataupun media visual.

Intinya Fotografi seni  adalah ungkapan ekspresi dari kreatornya, tidak terikat aturan, mengatikan emosi dalam pembuatannya, yang menjadikan karya imajinatif.

Proses Penciptaan Fotografi Seni

Proses penciptaan fotografi seni tidak seketat fotografi jurnalistik, fotografi seni lebih bebas dalam menuangkan ide dari kreatornya. Adapun juga proses penciptaan fotografi seni tidak mengacu pada 5W + 1H yang biasanya harus ada di fotografi jurnailistik.

Dalam proses pembuatannya, kekuatan dari fotografi seni ditentukan pada proses ekplorasi imajinasi dari kreatornya dengan menggunakan semua penguasaan teknik dan mencampurkannya dengan berbagai macam komponen didalamnya hingga menciptakan sebuah karya foto yang mampur menghipnotis para penglihatnya.

Itu saja yang dapat saya jelaskan tentang pengertian fotografi seni beserta fungsi dan proses penciptaannya, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat membantu.

Sekian, Terima Kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Photography