Berikut! Jenis-jenis Kamera Digital Beserta Penjelasannya - ID Layer

Jenis - jenis Kamera Digital

Berikut! Jenis-jenis Kamera Digital Beserta Penjelasannya - ID Layer

ID Layer – Teknologi kini semakin cepat berkembang, mulai dari peralatan yang ada di sekitar kita maupun yang baru kita ketahui adanya.

Misalnya dalam hal Fotografi, kini banyak sekali kita temui teknologi-teknologi canggih di fotografi digital. Mulai dari kamera digital, software, dan alat-alat lainnya. Semua itu diciptakan untuk memaksimalkan foto yang akan dihasilkan.

Dan sekarang saya akan mengenalkan kepada kamu, 10 jenis kamera digital yang mungkin baru kamu ketahui.

Kita mulai dari pengertian Kamera digital itu sendiri.

Kamera Digital

Menurut Wikipedia Kamera Digital adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk memvisualisasikan keadaan sekitar menggunakan sebuah sensor dalam bentk format digital dan disimpan dalam media penyimpanan digital (Memori). 

Seperti itulah definisi kamera digital, karena itu kini kamera memiliki banyak jenis yang sudah banyak digunakan sekarang. semuanya memiliki fungsinya masing-masing. karena itu saya juga akan menjelaskan fungsi dari masing-masing jenis kamera tersebut.

Jenis-jenis Kamera Digital Beserta Fungsinya

1. DSLR (Digital Single-Lens Reflex)

DSLR Adalah kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis atau pentaprisma atau pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder.

Jenis kamera ini paling banyak varian lensanya dibandingkan dengan kamera digital yang lain. dan juga memiliki kategori. semakin tinggi levelnya tentu semakin lengkap dan canggih fitur yang dimiliki, tetapi tinggi juga harganya.

2. Kamera Saku (Compact Camera) 

Kamera saku atau Compact camera adalah kamera otomatis yang menggunakan format pengambilan gambar dan penyimpanan digital dengan ukuran kecil dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa.

Seperti namanya kamera saku, tentu kamera yang kecil dan mudah untuk kita masukan ke dalam tas maupun saku. Tentu jenis kamera ini sangat diperlukan untuk orang yang tidak ingin ribet membawa kamera besar dan berat untuk berpergian.

3. Kamera Mirrorless

Kamera Mirrorless adalah kamera yang tidak menggunakan cermin sama dengan kamera DSLR. Dengan menghilangkan cerminnya membuat ukuran dari kamera ini menjadi lebih kecil dan ringkas dari DSLR.

Kamera jenis ini juga memiliki kesamaan yang lain dengan DSLR yaitu bisa melepas lensa, sehingga dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan saat pemotretan.

Baca Juga: Pengertian Fotografi
Baca Juga: Mengenal Alat-alat Fotografi

4. Prosumer (Bridge Camera)

Jika dilihat Bridge camera ini sebenarnya hanya memiliki ukuran sedikit lebih besar dari kamera saku. Tetapi kelebihan Bridge camera tidak hanya itu saja, Kamera jenis ini memiliki kemampuan yang lebih baik dari kamera saku.

Selain itu juga Bridge camera terdapat mode manual dan auto, serta kemampuan zoom lensanya yang bagus. 

5. Kamera Aksi (Action Camera)

Kamera aksi ini biasa digunakan untuk merekam kegiatan sehari-hari atau biasa disebut VLOG (Video LOG). Karena bentuknya yang kecil membuat kamera ini gampang untuk dibawa kemana-mana dan juga praktis.

Tidak hanya itu kamera aksi ini juga memiliki kualitas kamera yang bagus, kamera ini bisa merekam video 1080p/30fps atau juga 720p/60fps. Kualitas tersebut sudah cukup mumpuni karena sudah masuk ke Level High Definition.

Dan juga kamera aksi ini memiliki fitur Image Stabilization yaitu agar dapat menghasilkan gambar yang bagus meskipun dipasang di kendaraan yang melaju kencang.

6. Boutique Camera

Jenis kamera ini memiliki bentuk yang tidak lebih besar dari kamera saku, meskipun memiliki bentuk yang simple, kamera ini mempunyai sensor FullFrame yang dapat melebihi kemampuan DSLR.

Akan tetapi dalam segi harga, jenis kamera ini termasuk mahal. Karena itu kamera ini memiliki fitur yang mumpuni sesuai dengan harganya.

7. Kamera Video

Seperti namanya, kamera ini hanya dapat digunakan untuk mengambil video atau bayangan bergerak. Jadi kamera ini tidak bisa mengambil gambar seperti DSLR.

Jenis kamera ini biasa digunakan para kontributor televisi untuk meliput berita atau lainnya. Jenis ini juga biasa digunakan sama Film Maker untuk membuat karya visual.

8. Kamera SmartPhone

Jenis kamera ini mungkin hampir semua orang punya, karena didalam smartphone tidak hanya ada kamera saja, banyak yang lainnya juga.

Kini Smartphone keluaran terbaru sudah memiliki fitur yang lengkap dibagian kamera, malah ada yang mempunyai 4 kamera dalam satu smartphone Kamera utama, kamera macro, kamera wide angle, dan kamera potrait.

Tidak hanya itu kualitas yang diberikan juga lumayan untuk kamu yang ingin membuat konten maupun hanya untuk Selfie.

Itu saja yang dapat saya jelaskan tentang Jenis-jenis kamera digital , mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu.

Sekian, Terima 

Next Post Previous Post
5 Comments
  • Author
    Author 6 April 2021 18.48

    Setelah membaca artikel ini jadi pingin beli kamera, 😀

  • Pena Biru✍️
    Pena Biru✍️ 12 April 2021 20.46

    Review harga² camera dong min... Yg rekomendet

  • asti hajar
    asti hajar 15 April 2021 20.54

    Review harganya kak kalau ada buat Referensi dan linknya juga ya Terimaksih banyak informasinya

  • Jalil Murtadho
    Jalil Murtadho 17 April 2021 00.29

    Kalau kamera digital biasanya masuknya kemana ya mint?

  • M. Norfahrul
    M. Norfahrul 22 April 2021 22.16

    Wah bnyak juga yh ternyata jenis kamera,, kirain cuman pixelnya yg beda

Add Comment
comment url
Related Post
Photography