Pengertian Fotografi Beserta Jenis-jenisnya - ID Layer

Fotografi



ID Layer – Di Era sekarang ini menjadikan gaya hidup kita selalu berkembang mengikuti trend yang ada, terutama dalam bidang fotografi.

Fotografi kini menjadi popular dikalangan anak muda jaman sekarang, apapun yang terlihat menarik dan bagus akan langsung di foto.

Karena perkembangan teknologi yang berkembang pesat, sekarang kamu tidak perlu membeli kamera mahal untuk berfoto. Kamu hanya perlu menggunakan gadget yang kamu gunakan sekarang.

Jadi bagi kamu yang ingin belajar fotografi tapi tidak punya kamera, jangan khawatir kamu bisa menggunakan smartphone.

Tapi kamu tahu tidak pengertian dari fotografi itu sendiri? Dan Jenis-jenisnya?.

Nih aku jelasin di artikel ini.

Pengertian Fotografi

Fotografi berasal dari Bahasa Yunani, yaitu “photos” yang berarti cahaya dan “Grafo” yang artinya melukis atau menulis (dalam Bahasa inggris Photography).

Fotografi adalah proses melukis atau menulis menggunakan media cahaya. Fotografi bisa juga diartikan seni mengambil gambar atau merekam berdasarkan pencahayaan menggunakan alat yang disebut kamera.

Kamera alat yang paling populer untuk menangkap cahaya, jika tidak ada cahaya foto yang dihasilkan tidak akan maksimal atau tidak bisa dibuat.

Jenis-jenis Fotografi

Fotografi memiliki banyak jenis yang spesifik yang dapat kita pahamin sesuai dengan minat kita masing-masing. Setiap jenis fotografi memiliki Teknik yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kesulitannya.

Berikut Jenis-jenis Fotografi:

1. Landscape Photography

Jenis fotografi ini paling banyak digemari, karena jenis ini sangat cocok untuk orang yang sering traveling dan mengabadikan momen-momen indah atau keren.

Biasanya dapat dikombinasikan dengan yang lainnya seperti hewan atau manusia, tetapi tetap focus utamanya Alam.

2. Wildlife Photography

Jika tadi berfokus pada keindahan alam, kalau ini lebih berfokus pada kehidupan hewan yang ada di alam.

Namun jika dibandingkan yang Landscape, jenis fotografi ini lebih sulit dilakukan. Hal tersebut karena untuk melakukan nya butuh keberanian dan kesabaran, agar dapat hasil yang memuaskan.

3. Sport Photography

Jenis yang ini dikhusukan untuk menangkap momen-momen yang terjadi dalam sebuah pertandingan olahraga.

Untuk melakukan jenis membutuhkan banyak Latihan dan peralatan yang memadai agar dapat menangkap hasil yang bagus.

4. Portrait Photography

Jenis fotografi ini adalah yang paling tua dari semua jenis yang ada. Porttrait fotografi ini menangkap suasana hati sesorang atau juga bisa dikatakan lebih fokus ke detail dari objek foto yaitu untuk menunjukan karakter dari sebuah objek.

5. Macro Photography

Fotografi Macro adalah jenis fotografi yang berfokus pada objek yang kecil. Ya pengambilan gambar dari dekat yang biasanya berfokus pada benda atau hewan yang kecil.

Untuk melakukan foto jenis ini diperlukan lensa macro agar hasilnya jernih.

Itu saja yang dapat saya jelaskan tentang pengertian fotografi beserta jenisnya, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat membantu.

Sekian, Terima Kasih.

 

Next Post Previous Post
8 Comments
  • Admin
    Admin 6 Maret 2021 17.39

    Selama ini yg banyak orang tahu fotografi ya jeprat jepret saja ternyata jenisnya macem-macem ya...

  • kanghadad.web.id
    kanghadad.web.id 6 Maret 2021 19.54

    ilmu nih... saya baru belajar cara-cara membuat konten.. sesekali mungkin bisa foto2 berdasarkan jenis-jenis yang dijelaskan diatas..

  • Romadoni
    Romadoni 6 Maret 2021 20.21

    Kalo saya dulu suka banget berburu foto dengan lensa macro. Btw, hobi fotografi ngga hanya bisa di kembangkan dgn kamera dslr pake hp kamera hp pun hasilnya bisa bagus, tergantung dari kepandaian fotografer itu sendiri

  • Pena Biru✍️
    Pena Biru✍️ 31 Maret 2021 20.28

    Bermanfaat bagi yg pemula main foto grafi

  • Author
    Author 6 April 2021 18.40

    Dunia fotograpy ternyata dunia yang menarik untuk ditelusuri

  • M. Norfahrul
    M. Norfahrul 15 April 2021 20.37

    Yang saya cuma dengar yang landscape potograper wkwk

  • asti hajar
    asti hajar 15 April 2021 20.55

    Fotografi memang keren banyak hal hal baru yang perlu di pelajari terimaksih kak

  • arya alyusuf
    arya alyusuf 25 April 2021 02.25

    Terimakasih kak penjelasan nya sangat bermanfaat

Add Comment
comment url
Related Post
Photography