Jenis-jenis Dari Animasi Serta Prinsipnya - ID Layer

Jenis Animasi

Jenis-jenis Dari Animasi Serta Prinsipnya - ID Layer

ID Layer – Semakin maju perkembangan teknologi, membuat dunia hiburan animasi pun semakin beragam dan memiliki proses pembuatan yang beragam dan juga memiliki keunikan tersendiri.

Nah Setelah kamu memahami Penjelasan tentang animasi, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis dari animasi serta prinsipnya.

Setiap jenis animasi memiliki tingkat kesulitannya masing-masing, jenis animasi dibagi dua yang pertama jenis animasi berdasarkan bentuk karakter yang dibuatnya, yang kedua jenis animasi berdasarkan teknik pembuatannya.

Langsung saja kita masuk ke materi nya.

Jenis-jenis Animasi

Jenis-jenis Animasi Berdasarkan Bentuk Karakter Yang Dibuat-nya

1. Animasi 2D (Dimensi)

Animasi 2D atau mungkin yang sering kamu dengar dengan sebutan kartun. Kartun atau Cartoon bisa didefinisikan sebagai gambar yang keren maupun lucu, animasi jenis ini mungkin banyak sekali yang menyukai contohnya seperti Mikey Mouse , Spongebob, Doraemon dan yang lainnya.

2. Animasi 3D (Dimensi)

Animasi 3D adalah versi pengembangan dari Animasi 2D. Animasi 3D menggunakan teknologi komputer. Dengan 3D karakter yang dibuatnya akan terlihat seperti hidup dan nyata. Contohnya seperti Toy Story, Cars, dan lainnya.

3. Stop Motion Animation / Claymotion

Animasi stop motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar telihat bergerak sendiri, setiap pergerakan dari objek tersebut difoto sehingga menciptakan ilusi gerakan. Contoh flm animasi yang menggunakan Stop Motion antara lain Shaun the Sheep Movie, Lego Movie dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Animasi Berdasarkan Teknik Pembuatannya

1. Animasi Clay

Animasi Clay dibuat dengan menggerakkan objek atau model dari boneka ataupun bahan elastis yang terbuat dari clay / tanah liat atau tanah liat sintetis. Obyek digerakkan sedikit demi sedikit dan kemudian diambil gambarnya satu per satu. Setelah diedit dan disusun, Apabila rol film dijalankan, akan memberikan efek seolah-olah boneka atau model tersebut bergerak. Teknik ini pertama kali ditemukan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906.

2. Animasi Cel

Animasi Cel merupakan animasi tertua dan merupakan bentuk animasi yang paling populer. Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi. Animasi ini bisa disebut animasi tradisional karena teknik pembuatannya masih banyak menggunakan cara manual.

3. Animasi Vektor

Animasi vektor adalah animasi yang menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan objeknya. Setiap objek dalam animasi vektor bergerak secara mandiri dengan latar belakang yang diam.


Prinsip-Prinsip Animasi

Animasi juga memiliki prinsip, Antara Lain:

  • Solid Drawing (kemampuan menggambar)

  • Squash and Strech (menekan dan melentur)

  • Anticipation (antisipasi)

  • Staging (penataan gerak)

  • Straiht Ahead and Pose to pose

  • Follow Through and Overlappping Action (gerakan mengkuti)

  • Slow in and slow out

  • Archs (konstruksi lengkung)

  • Timing

  • Secondary Action (gerakan pendukung)

  • Exaggeration (melebihkan)

  • Appeal (daya tarik)


Itu saja yang dapat saya jelaskan tentang Jenis-jenis Dari Animasi , mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu.

Sekian, Terima 

Previous Post
1 Comments
  • Inspirasi_ku
    Inspirasi_ku 30 Mei 2021 21.34

    Info yang sangat bermanfaat

Add Comment
comment url
Related Post
Graphic Design